5 tips untuk Pelajar atau Perantau di Perancis

Langsung mulai belajar Bahasa Perancis.

Saya langsung sebut bahasa sebagai tantangan pertama buat pendatang baru. Apalagi buat orang yang belum pernah tahu bahasa ini sama sekali, akan sulit sekali beradaptasi. Ada baiknya bisa les dulu sebelum datang ke sini, kemudian lanjut dengan kelas-kelas yang tersedia di sini. Pilihannya macam-macam, tapi yang paling umum mungkin kelas Alliance Francaise yang biasanya ada di setiap kota.

Siapkan Mental untuk mengurus administrasi.

Kalau kalian pikir administrasi di Indonesia super ribet dan buang-buang waktu, mungkin kalian akan banyak mengeluh pas sampai di Perancis. Pada dasarnya ada dua hal yang mesti kita dapatkan pas awal-awal sampai, yaitu Titre de sejour (Residence Card) dan Carte vitale (kartu asuransi kesehatan). Dengan residence card, kita bisa keluar masuk Perancis dan Schengen area tanpa harus urus visa lagi. Sedangkan Carte Vitale penting kalau kita pergi ke dokter, nebus obat di pharmacy, atau emergency.

Proses yang paling ribet menurut saya adalah proses di Indonesia nya. Kita mesti urus dokumen yang diakui oleh pemerintah Perancis. KK, buku nikah, akte kelahiran, mest diterjemahkan dan dilegalisir di Kementrian yang terkait. Kalau salah, malah jadinya tidak diterima, dan akan lebih mahal kalau kita urus di Perancis. Kalau ada yang mau nanya lebih lanjut prosesnya, hubungin saya langsung aja ya.

Butuh belanja? Tunggu Winter, Summer, dan Christmas Sale

Buat yang baru datang ke Perancis, mungkin langsung kalap beli ini itu karena banyak barang yang mungkin sulit ditemuin di Indonesia, atau jauh lebih murah di Perancis. Apalagi kalau baru pindah, pasti banyak kebutuhan primer yang mesti dibeli diawal kedatangan. Kalau kalian datangnya gak jauh sebelum bulan Juli atau Desember-Februari, ada baiknya tunggu musim diskon. Lumayan banget lho. Alternatif lainnya adalah belanja online. Untuk beberapa perabot atau item, Amazon bisa menyediakan harga termurah. Selain itu, banyak aplikasi atau website yang mempunyai daftar diskon yang bisa kita manfaatkan, seperti dealabs, veepee, c-discount, dll.

Cari rumah yang nyaman dan murah

Idealnya kita bisa punya rumah dekat dengan tempat aktivitas kita, baik itu kampus maupun kantor. Tapi dekat dengan objek-objek tersebut bisa jadi harganya gak terjangkau. Ga ada salahnya kita cek area-area suburb, karena harganya lebih murah. Fokus ke fitur-fitur di area tersebut, apakah tersedia banyak toko, akses transportasinya, lingkungannya, dsb. Tinggal di Perancis artinya kita akan melewati musim dingin. Periksa sistem pemanas ruangannya, apakah central heating atau tidak?

Central heating berarti pemanas disediakan oleh gedung dan termasuk ke dalam biaya sewa, jadinya lebih murah dibanding pakai electric heater. Tapi karena dikelola oleh gedung, periode dimana kita bisa menyalakan heater pun ditentukan, biasanya dimulai dari akhir Oktober sampai awal bulan Maret. Kalau sebelum dan sesudah itu dingin gimana? Ya terpaksa pakai banyak selimut.

Selain itu, biasanya rumah-rumah di Perancis adalah rumah lama, termasuk juga furniture dan perangkat elektroniknya. Periksa dengan baik kondisinya sebelum kita memutuskan untuk menyewa tempat tersebut, seperti kasur, mesin cuci, kompor, oven, dsb. Jangan sampai kita harus mengganti perabot tersebut hanya karena memang umurnya sudah tua.

Langganan kartu transport

Seperti sistem transport di banyak negara, kita bisa langganan kartu transport secara bulanan. Kalau di Paris kita bisa beli kartu Navigo. Banyak orang memilih untuk tinggal dekat kantor atau kampus, sehingga bisa menghemat biaya transport, yang sebulan bisa mencapai 70-80 euro. Walaupun itu pilihan, tapi menurut saya tidak terlalu banyak penghematannya, karena tentu kita pengen banyak jalan-jalan di akhir minggu, ataupun selesai kerja atau kuliah. Banyak juga kantor atau kampus yang menyediakan subsidi kartu transport, contohnya kantor saya saat ini mensubdisi setengahnya.

Extra: Cari makanan halal

Buat teman-teman muslim, untuk mendapatkan makanan halal di Perancis menurut saya gampang dan susah. Gampang karena banyak sekali toko yang menyediakan makanan halal, daging halal, dan bumbu-bumbu halal. Supermarket seperti Auchan memiliki section khusus untuk makanan halal. Carrefour City dan Monoprix juga terkadang menyediakan pilihan halal walaupun tidak banyak dan tidak selamanya tersedia.